ANALISIS SWOT, STP, dan 4P pada JNE

ANALISIS- SWOT-, STP-, dan- 4P- pada -JNE-google-image-suka-travelingg
sumber gambar : google image



Siapa yang tidak kenal dengan JNE? JNE ini adalah merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. JNE ini juga adalah jasa pengiriman terbesar di Indonesia yang tidak hanya bergerak dalam pengiriman di dalam negeri saja tetapi juga pengiriman Internasioanal. Di Indonesia kini sudah banyak cabang-cabang yang tersebar. Nama resmi dari JNE ini adalah PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. JNE memiliki banyak sekali cabang cabang yang tersebar di Indonesia. Sebagai sebuah Perusahaan yang bergerak di dalam bidang Pelayanan Jasa Pengiriman, JNE selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh pelanggannya demi terwujudnya suatu Integritas dan Kualitas yang memuaskan. Dengan dukungan dari para Karyawan yang berpengalaman dan Armada Transportasi serta Cabang dan Agen yang tersebar di kota-kota di Indonesia, membuat JNE semakin yakin dalam peningkatan Mutu Pelayanan terhadap Konsumen yaitu dengan memberikan Pelayanan door to door. 

Berikut ini adalah analisis SWOT, STP, dan 4P dari jasa pengiriman JNE


A. SWOT ( STRENGH, WEAKNESS, OPPORTUNITY,THREATS)


1. STRENGH

Hemat 
Aman
Cepat
Mampu memanfaatkan peluang pasar yang ada
Tingginya loyalitas karyawan
Brand Awareness yang tinggi
Jaringan yang luas
Minimnya presentase komplai (dibawah 0,01 %)
Memiliki program yang beda dengan para pesaingnya.
Selalu meluncurkan program yang sesuai dengan kebutuhan konsumennya.
Mampu bekerja sama dengan e-commerce
Memiliki armada pengiriman yang lengkap
Kecepatan dalam pengiriman disbanding perusahaan jasa lainya

2. WEAKNESS


Minimnya pengawasan internal
SDM yang kurang kompeten
Permodalan hanya berasal dari internal perusahaan saja
No resi atau AWB terkadang susah untuk dilacak.
Lambatnya dalam menangani proses klaim barang hilang


3. OPPORTUNITY


Jumlah penduduk Indonesia yang banyak
Pertumbuhan ekonomi diatas 5% per-tahun
Pertumbuhan industri pariwisata
Pertumbuhan pasar ritel bisnis online
Pertumbuhan industri logistic
Pertumbuhan industri logistik
Meluncurkan program yang tepat yaitu JNE super speed dimana konsumen ingin mengiginkan jasa pengiriman yang cepat.

4. THREATS


Banyaknya jasa kirim yang baru bermunculan dan menawarkan harga yang lebih murah.


B. STP (SEGMENTING,TARGETING,POSITIONING)


1. SEGMENTING


SEGMENTASI DEMOGRAFI

JNE melakukan segmentasi di variable ini dengan cara menerima semua orang yang mau membayar sesuai dengan tarif yang diberlakukannya. Baik itu pria,wanita, remaja atau dewasa, menikah atau belum menikah, pelajar,mahasiswa,pekerja kantoran, guru, ataupun lainnya bisa menggunakan jasa pengiriman ini.

SEGMENTASI GEOGRAFI

Berdasarkan data yang didapat dari JNE, saat ini terdapat 3649 perwakilan, agen, dan sub agen JNE  di seluruh provinsi di Indonesia sehingga segmentasi yang ada ini  adalah seluruh warga negara Indonesia, bisa menggunakan jasa pengiriman ini.

SEGMENTASI STATUS SOSIAL

JNE melakukan segmentasi ini untuk yang status sosial nya menengah, menengah keatas, kelas pekerja, dan lain-lain.


2. TARGETING

PT Tiki JNE melakukan targeting sebagai berikut

Dari segi usia : 17-30 tahun (persentasenya sebesar 64.55 %)
Dari segi pekerjaan : Karyawan (Persentasenya sebesar 42.73 %)
Dari segi penghasilan :Rp.2.000.001 ≤Penghasilan≤ Rp.5.000.000 (Persentasenya sebesar 48.24 %)

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap konsumen Tiki JNE kantor cabang Sentra Sari Plaza Bandung.

3. POSITIONING

Melayani jasa pengiriman barang, dokumen,pembayaran online,logistic dan distribusi,dengan jaminan kualitas dan pelayanan yang prima.


C. 4P (PRODUCT,PRICE,PLACE,PROMOTION)


PRODUCT


JNE bergerak dibidang jasa yaitu dalam pengiriman barang dan logistic  mencakup wilayah seluruh Indonesia. Dalam hal ini JNE memiliki product level, yaitu
Core benefit: jasa pengiriman.
Basic Product: jasa pengiriman barang dengan berat di atas 500 gram
Expected Product: diterimanya barang di tujuan
Augmented Product: melayani pesanan dan pengiriman makanan khas daerah ke tujuan
Potential: jasa pengambilan barang dari asal dan mengirimkan barang tanpa ada batasan berat dan jenis makanan sampai ke tujuan.

PRICE

Harga yang ditawarkan oleh JNE bergantung dengan seberapa jauh jarak costumer mengirimkan barang dan berat barang. Berat minimum yang diberlakukan adalah 1 kg, walaupun berat barang kurang dari 1 kg, akan tetap dihitung 1 kg, dan untuk penentuan harganya JNE menghitung tidak hanya jarak tujuan pengiriman, tapi juga berat, dan juga besar kemasan 


PLACE

Untuk tempat JNE memiliki banyak cabang diberbagai wilayah di Indonesia dengan posisi yang strategis dan mudah dijangkau, sebagai contoh di T-Mart yang lokasinya berdekatan dengan asrama mahasiswa Telkom University.

PROMOTION

Promotion yang dilakukan oleh pihak JNE berupa iklan, menggunakan spanduk, banner, dan lain-lain.


Terimakasih telah membaca:)